3NTeRiN9 1N MY M1Nd

Tidak ada awal dan akhir. Tidak ada sebab dan akibat. Tidak ada ruang dan waktu. Yang ada hanyalah... ADA. Terus bergerak, berekspansi, berevolusi. Sia-sialah orang yang menjadi batu di arus ini, yang menginginkan kepastian ataupun ramalan masa depan, karena sesungguhnya justru dalam ketidakpastian manusia dapat berjaya, menggunakan potensinya untuk berkreasi. (Dee, SUPERNOVA "Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh")

Friday, December 17, 2004

Bundaku Sayang, BundakU Manis

Berhubung tadi gue udah ngungkit² tentang masakan Nyokap, sekarang gue jadi kangen ama nyokap gue... Jadi inget masa lalu...

Apa yang bisa gue bilang tentang Nyokap gue??? Dia tuh cuek banget, gaul juga, dan jujur aja, selama 24 tahun gue hidup di dunia ini, gue rasa hanya seperempatnya yang gue berasa punya nyokap... selebihnya... gue berasa sendirian di dunia ini... dan gue berpendapat "MY FRIENDS ARE MY FAMILY"... tapi walo hanya seperempatnya, gue bersyukur karena gue boleh merasakan kehadiran seorang Nyokap dalam hidup gue dan gue menghargai banget perjuangan nyokap gue memebantu gue mewujudkan cita² gue... THanks Mom!!!

Ok, gue mulai cerita yah!!

Dari gue kecil, gue ga pernah deket ama nyokap, bahkan kadang gue berasa, nyokap sebel banget ama gue (hanya perasaan gue doang, syukurnya!!)... gue paling deket ama bokap... biasalah, gue kan pernah menjadi anak bontot untuk beberapa lama!!! Pokoknya gue anak kesayangan deh, yang manja, juga keras kepala, dan setiap keinginan gue HARUS terkabul kalo ga gue bisa sakit!!! (Hehe... gue tahu kok, kalo gue parah banget!!)... Tapi untung banget, gue punya ade... BT sih soalnya gue kepengennya ade cw, eh... dikasihnya co!!! Dan ade gue ini bayi prematur... Nyokap gue hampir meninggal karena jatuh di kamar mandi pas kandungannya 7 bulan... tapi sekali lagi Thanks GOD, karena ternyata nyokap orang yang kuat... so, dia bisa melahirkan dengan selamat, baek dianya juga bayinya!!! (Ga bisa gue bayangkan, gue harus kehilangan nyokap saat itu!!! Jangan sampe deh!!)... Tapi kehadiran bayi mungil yang sempet bikin gue sakit (karena gue maonya cw, kok dapetnya co!! Ga adil!!), membuat semua perhatian yang biasanya ke gue, jadi pindah deh!!! BT banget awal²nya, soalnya gue biasa dimanja dan diperlakukan sebagai Princess...

Akhirnya, seja saat itu, nyokap menanamkan ASAS MANDIRI ke gue... dengan mencuekan gue... mungkin bukan maksudnya dia nyuekin kali yah, cuma gue yang waktu itu masih kecil banget dan masih juga egois, menilai segala sesuatu berdasarkan untung rugi dari pihak gue, maka... gue berpendapat nyokap cuekin gue...
Sampe² saking parahnya, walo kita tinggal seatap, gue pernah selama seminggu ga ketemu dia, ga nyapa... rumah udah layaknya tempat kost... buat numpang tidur, makan n mandi... selebihnya, gue anak sosial banget... di luar rumah melulu!!! Gue ga pernah cerita tentang keadaan gue ama nyokap, sapa yang gue suka, apa yang buat gue sedih, apa yang buat gue senang... ga pernah karena gue tahu, dia juga ga peduli... bahkan saat gue kehilangan sahabat gue dan gue patah hati, bukan nyokap yang ada disisi gue, melainkan teman² gue yang lain... dan lebih parahnya lagi, kadang gue menganggap guru gue sebagai ibu gue (dan sekarang gue udah belajar banyak, kalo NYOKAP gue tidak tergantikan!!)... bahkan saat kelas 3 SMP, saat gue stress banget saat menjelang ujian... bukan dia yang di samping gue... sampe pernah suatu waktu nyokap nanya hasil PRA-EBTANAS gue dan dengan santenya gue jawab... "Tumben mi peduli ama nilaiku... Kirain udah lupa kalo punya anak cw!!!"... Trusnya nyokap marah² dan dengan cueknya gue ngabur ke kamar!!!

Lalu gue juga pernah berantem ama nyokap... seru banget deh, ampe tonjok²an!!! Gue tonjok dia, dan dia cakar gue!!! Sampe akhirnya, saking gue depresi banget karena berasa ga dianggep, gue kabur ke rumah nenek gue (sekedar pemberitahuan... rumah nenek cuma di seberang rumah gue doang!! huehehe... kan gue masih SMP saat itu, takut pergi jauh²... ;p)... Ampe papi gue ngerayu dan ngebaik²in gue supaya gue mo balik ke rumah!! Dan jujur aja, saat itu gue sebel banget ama nyokap!!! Gue sebel banget ama ortu gue dan gue berasa sakit banget... kenapa gue dilahirkan di dunia ini, kalo gue rasa mereka tidak menginginkan gue???

Akhirnya, gue jadi bener² nakal!!! Gue suka begaul ama anak nakal, trusnya suka pulang malam, dan gue paling bete kalo harus pulang rumah!!! Gue benci rumah, gue benci keluarga gue... Pokoknya gue sering banget deh digebukin ama bokap, karena gue nakal banget!!! Untung aja prestasi gue ga pernah turun!!! So, akhirnya gue bener² dibebasin kepengen ngapain aja... Dan ini bikin gue tambah stress... (bingung kan!!)... karena gue tahu, di luar gue mencari kasih sayang yang ga gue dapetin di bokap_nyokap gue... walo bete banget dimarahin, tapi gue senang, karena mereka perhatian ama gue... eh, sekarang malah dibebasin!!! Hikz!!! Sial kan!!

Sampe suatu hari... ada suatu hal yang membuat gue sadar, sadar sesadarnya, dan gue takut banget kalo gue kualat... berawal dari satu kalimat... "Surga ditelapak kaki ibu... dan kalo melawan ibu, dan kata² yang keluar dari mulutnya itu adalah karma loe... pasti bakalan terjadi!!"... gila gue takut banget!!! Sebenarnya sih bisa aja gue ga percaya tuh kata², tapi gue melhat banyak contoh dan terjadi... SEREM ga sih?? Makanya sejak saat itu, gue berusaha setengah mati supaya ga kurang ajar ama nyokap... walo tetep aja, gue berasa ga punya nyokap!!

Waktu SMU, asli gue iri banget ama temen² gue karena setiap hari Sabtu, mereka punya kegiatan dengan nyokap mereka, sedangkan kalo gue... melalang buana sesuka hati.. mo pulang jam berapa, ga bakalan ada yang marahin!!! Mo ngapain aja, juga ga bakalan dimarahin!!! Sedih banget dan gue berjanji dalam hati, kalo gue punya anak, gue ga bakalan kaya nyokap gue, gue pasti bakalan ngajak dia maen bareng, ngobrol bareng selayaknya sahabat... makanya gue bisa deket dengan satu temen gue pas kelas dua, karena dia kaya gue... kita sama² kesepian, sama² butuh kasih sayang dari mama... cuma bedanya, dia disayang tapi nyokapnya jauh, kalo gue, nyokap deket tapi ga disayang... huehehe... :p

Masalah terus berlanjut... dan ada satu kejadian yang bikin gue jadi deket ama nyokap... saat ada masalah dengan teman n guru gue pas SMU... jujur aja, gue ga pernah cerita apapun ama nyokap tentang masalah gue, palingan dengan temen² deket gue doang... tapi tiba² dia nanya disaat yang tepat, saat gue bener² kehilangan kendali atas hidup gue, saat gue berasa ga ada satupun yang bisa tolongin gue buat bangkit dari kesedihan gue... tiba² nyokap nanya "Ada apa dengan gue??" Dan pas gue ceritain masalah gue... gue ampe shock... ternyata dia ga nyalahin gue, bahkan belain gue... DIA BELAIN GUE?? Gue tahu, kedengarannya emang aneh banget, belain anak emang wajar lah... tapi buat kondisi gue yang emang ga deket ama nyokap dan pemikiran gue kalo dia ga anggap gue anak.. salut aja gue ama sikapnya dia itu (gue rasa nyokap bakalan sedih, kalo tahu anaknya pernah berpikiran kaya gitu!!)... Tapi perkataan dia kali itu, membuka mata gue banget... selama ini gue selalu nyalahin nyokap gue... bilang dia egois, ga pernah mo ngerti gue, cuekin gue... tapi pernahkah sekali aja, gue berpikir alo sebenarnya gue juga egois... gue hanya berpikir berdasarkan pikiran gue ndiri... nyalahin dia, sedangkan gue.. pernahkah sekali aja, gue membuka diri ke nyokap?? Selama ini, gue selalu pulang malam, ga pernah ngasih tahu dia apa yang terjadi dalam kehidupan gue dan juga ga pernah ngijinin dia masuk karena penilaian yang gue kasih buat dia... lalu?? Hanya diakah yang salah kalo komunikasi antara kita jadi hancur??

Akhirnya gue sadar, kalo gue juga salah, gue ga pernah buka diri ke nyokap... hanya bisa nyalahin dia, padahal... orang tua mana yang ga sayang ama anaknya... buktinya, dia masih sempet²in jahitin bed cover n sprei buat gue... dan apa balesannya?? Gue bilang, gue ga suka (walo akhirnya gue pake juga sih!! huehehe :p)...

Gue berusaha setengah mati buat buka diri ke nyokap, kalo dia lagi di meja makan, nonton TV, gue ikutan ama dia sambil bincang²... awalnya gue canggung banget dan gue merasa kalah!!! Tapi apalah artinya itu, karena kekalahan gue itu merupakan awal keberhasilan gue... sekarang gue deket banget ama nyokap... walo gue ga jujur 100% tentang keadaan gue, tapi gue berasa nyaman ada di rumah, karena gue tahu gue dilindungi... dan yang paling gue rasakan... sekarang gue tahu apa arti kebebasan yang dia kasih ke gue... dia kepengen gue mandiri!!! Dia kepengen gue bisa nyelesaiin masalah gue ndiri karena dia percaya ama gue, dia percaya kalo gue mampu berdiri, karena dia ga bakalan selamanya ada di samping gue... Thanks mom!!

Dan yang paling kelihatan pengorbanan dia saat mengusahakan mati²an agar gue bisa kuliah ke luar negeri... walo dengan cara yang agak² melenceng dari "jalan normal"... tapi gue tahu, dia melakukannya demi kebaikan gue... demi masa depan gue, dan demi kebahagiaan gue... Apapun cara itu, gue tetep sayang ama nyokap gue, walo bukan berarti gue setuju dengan caranya dia...

Sekarang, gue cinta mampus ama nyokap!!! Gue punya impian buat dia bahagia, dan ngerasain apa yang gue rasakan sekarang!!! Pokoknya nyokap gue yang terbaik deh... ga ada satu pun yang mampu menggantikannya...


U're the best Mom!!
Thanks for loving me..
I will never repay what u've done for me
But I will do my best for you




0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home